The Influence of Quizizz software in evaluating history learning to assess students' learning motivation at State Senior High Schools 99 Jakarta

  • Fakhrezi Fajar Universitas Muhammadiyah prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Jumardi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: Aplikasi Quizizz, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas keterkaitan antara pengunaan quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk menilai seberapa tinggi motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran sejarah di SMA. Teknologi yang telah diciptakan dan berkembang memberikan keuntungan bagi manusia. Bidang pendidikan menjadi salah satu bidang yang terkena dampak teknologi. Dengan adanya teknologi maka pendidikan akan menjadi lebih mudah dijalankan dan menciptakan dalam penerapannya. Pembelajaran sejarah yang menjadi titik fokus penelitian ini dikaitkan dengan penerapan aplikasi quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes berjumlah 15 butir soal.  Dari tes inilah nantinya dapat dilihat bahwa  para peserta didik memiliki motivasi belajar atau tidak dengan diterapkannya metode quizizz. SMAN 99 Jakarta menjadi tempat dilaksanakannya penelitian ini dengan mengambil sampel dua kelas yang masing-masing berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh dan perbedaan antara penggunaan quizizz  terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah.Uji instrumen, uji asumsi dan uji t adalah jenis-jenis pengujian yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa adanya keterkaitan atau pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan quizizz terhadap hasil belajar peserta didik karena data hasil uji t mengatakan bahwa sig 0,00 < 0,05 dan t-hitung > ttabel yaitu 4,757 > 2,457. Sehingga dapat dikatakan bahwa quizizz juga berpengaruh terhadap motivasi belajar jika diukur dari hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrinawati. (2010). Pengaruh Strategi PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa (Quasi Ekperimen di SMA darul maarif). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SY ARIF HIDAY A TULLAH JAKARTA.
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Degirmenci, R. (2021). The Use of Quizizz in Language Learning and Teaching from the Teachers’ and Students’ Perspectives: A Literature Review Article Info Abstract. Language Education and Technology (LET Journal), 1(1), 1–11. http://langedutech.com
DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Eka Ratnasarianti. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bawakaraeng 2 kota Makassar. In Skripsi. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. 12(1), 25–33.
Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Jumardi, J., & Silvy, M. P. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 70–80. https://doi.org/10.21009/jps.062.08
Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116436
M. Yusuf Tahir. (2016). Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Putri Damayanti, R. (2014). PERBEDAAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL [UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24100
Rossa, V., & Efendi, D. A. (2020). Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.Com. https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). BATASAN PRASYARAT UJI NORMALITAS DAN UJI HOMOGENITAS PADA MODEL REGRESI LINEAR. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. 7(1), 9–17. http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4733
Setyawan, D. A. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metodologi Penelitian, 9–17.
Siregar, R. S. (2012). KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIMRIAU.
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri Di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622
Vuspa, L. S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Patra Mandiri Plaju Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/936
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
Published
2023-09-21
How to Cite
Fakhrezi Fajar, & Jumardi. (2023). The Influence of Quizizz software in evaluating history learning to assess students’ learning motivation at State Senior High Schools 99 Jakarta. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 12(2), 249-266. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol12.Iss2.413