KONSEP SETTING DAN STRATEGI PENGELOLAAN RUANG BERMAIN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

  • Ufiyah Ramlah Yasir Arafat Suami
Keywords: Ruang Bermain, Anak Usia Dini, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui: 1) konsep setting ruang bermain yang dapat menunjang kreativitas anak; 2) penataan ruang bermain yang dapat menunjang kreativitas anak yang sesuai dengan perkembangannya; 3) pengelolaan elemen fsik ruang bermain dalam mengembangkan kreativitas anak; 4) pola seting ruang bermain (indoor) yang dilakukan di dua tempat penitipan anak (TPA) besar di Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif non statistik dengan menggunakan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kemudian dianalisis dengan analisis tringulasi Moleong, yakni tringulasi sumber, tringulasi dengan metode, dan tringulasi dengan teori. Penelitian ini dilakukan di dua tempat peneitipan anak (TPA) besar yang ada di Yogyakarta yaitu Taman Pengasuhan Anak (TPA) Beringharjo dan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Untuk Anak Usia Dini Tiara Candra.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) konsep setting ruang bermain yang pada setiap lembaga yaitu menggunakan konsep home schooling dengan beyound centre and circle times (BCCT). 2) penataan ruang bermain dengan menggunakan sistem pembelajaran berdasarkan BCCT dan sudut ruang bermain yang disesuaikan dengan peralatan  dan sesuai dengan masa perkembangannya. 3) pengelolaan elemen fisik ruang bermain seperti pemilihan warna dan furniture disesuaikan dengan kebutuhan anak serta tidak mengandung bahan yang berbahaya. 4) pola setting ruang bermain ditata sesuai dengan konsep ruang bermain seperti yang telah diprogramkan.

Kata kunci: Ruang Bermain, Anak Usia Dini, Kreativitas

Published
2020-08-23
How to Cite
Yasir Arafat, U. R. (2020). KONSEP SETTING DAN STRATEGI PENGELOLAAN RUANG BERMAIN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI . Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127-144. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol9.Iss1.51